Latest Post :

Durian Tanpa Sekat dan Tanpa Duri



Lombok tak hanya gudang objek wisata. Bumi Selaparang itu juga menyimpan kekayaan spesies tanaman unik. Durian, contohnya. Di Pulau Seribu Masjid itu terdapat 2 jenis durian unik; tanpa sekat dan tanpa duri. Si tanpa sekat dari luar sosoknya tak berbeda dengan durian biasa. Namun, saat dibelah tak nampak sekat yang lazim memisahkan buah dalam beberapa juring. Buah teronggok menempel pada kulit. Rasanya manis dan enak. Karena tanpa sekat daging buah jadi lebih banyak 5–10% ketimbang yang biasa. Sementara si gundul kulitnya tak berduri. Sosok buah bulat berwarna cokelat dengan permukaan kulit kasar. Absennya duri yang merupakan ciri khas durian membuat ia tidak mirip buah durian sama sekali. Dari tampilan luar ciri khas durian hanya terlihat dari tangkai buah. Tangkai buah si gundul persis durian biasa. Ketika dibelah sosok duriannya baru terlihat jelas. 
Pongge-pongge durian berukuran besar tersusun rapi dalam juring. Daging buah tipis berwarna kuning. Rasanya gurih, legit, dan kering. Dengan keunikan itu si gundul dan tanpa sekat layak jadi buah koleksi.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Kebun Buah | eXan
Copyright © 2011. Serbuk Sari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by eXan
Proudly powered by Blogger
Informasi, saran, kritik dan artikel dapat anda kirimkan ke email: mwcsalaman@gmail.com terima kasih semoga bermanfaat.....amiiin